Pages

Subscribe:

Sunday, March 3, 2013

Visual Studio

v1
Visual Studio

Visual Studio 2008 adalah suatu perangkat lunak yang dapat digunakan untuk pengembangan berbagai macam aplikasi yang memiliki berbagai macam tipe antara lain aplikasi desktop (windows formcommand line(console)), windows mobile (pocket PC), dsb.

Fitur baru

1. User Interface
Hal baru pertama yang akan kita rasakan adalah UI atau tampilan antar mukanya. Mengusung gaya Metro, yang menjadi ciri khas produk-produk baru Microsoft, tampilan Visual Studio 2012 akan lebih rapi dan simpel, namun tetap dengan kaya akan fungsi. Akan ada dua tema yang dapat kita pilih melalui Options, yaitu tema gelap (dark) atau terang (light).

2.  Metro-Style application
Tentu saja ini adalah fitur yang paling penting di dalam Visual Studio 2012. Dengan Visual Studio 2012, kita dapat membangun aplikasi Metro-Style dengan menggunakan HTML, JavaScript, XAML, Visual Basic, C# atau C++. Dan bukan itu saja, di dalam Visual Studio 2012 ini juga sudah disisipkan beberapa template aplikasi Metro-Style, sehingga akan mempermudah bagi para developer yang masih awam dalam hal Metro-Style.

3. Microsoft.NET Framework 4.5
Hampir dalam setiap rilis terbaru dari Visual Studio disertai dengan rilis baru dari Framework. Dan dalam hal ini, rilis dari Visual Studio 2012, juga disertai denga rilis terbaru dari Framework 4.5. Apa saja perubahan yang terjadi pada Framework 4.5? Perubahan-perubahan yang terjadi meliputi dukungan untuk HTML5, dan WebSockets. Juga ditingkatkannya dukungan untuk paralelisme dan IPv6 juga kompresi zip. Selain itu, ASP.NET Web Forms juga telah diperbarui untuk mendukung modul asinkron dan menangani lebih banyak lagi data.

4. LightSwitch
LightSwitch merupakan produk yang harus dibeli secara terpisah. Namun kali ini, LightSwitch akan termasuk dalam paket Visual Studio 2012 edisi Professional dan edisi-edisi diatasnya. Apa saja yang baru dalam LightSwitch kali ini? Yang jelas adalah improvisasi performa, yang berarti loading akan lebih cepat ketika membuka project, membuat screens dan tablesjuga ketika kita membangun project (Building Projects). Selain itu juga pada LightSwitch kali ini, kita akan dapat merasakan pengalaman mempublish aplikasi ke Azure dengan cara yang lebih sederhana dan mudah.

5. IIS Express
Pada versi Visual Studio yang terdahulu, kita sering menemukan berbagai masalah kompatibilitas ketika melakukan pengujian secara lokal aplikasi web yang sudah kita develope. Oleh karena itu, pada Visual Studio 2012 ini, dibentuklah IIS Express yang dijadikan sebagai web server default lokal. IIS Express merupakan versi ringan dari IIS. Ia memiliki semua kemampuan inti dari IIS, namun tidak berjalan sebagai service.

6. WinRT
WinRT (Windows Runtime) adalah model pemrograman baru yang digunakan oleh aplikasi Metro-Style. Visual Studio 2012 mendukung pengembangan WinRT di C + +, C #, VB, dan JavaScript. Program yang ditulis menggunakan WinRT seharusnya bisa berjalan pada prosesor Intel dan ARM.

7. ‘Solution Explorer’ NEW
Ketika kita mulai menggunakan Visual Studio 2012, kita pasti akan melihat Solution Explorer baru. Solution Explorer yang baru ini terlihat seperti persilangan antara Object Browser lama dan Class View. Kita dapat melakukan navigasi objek  pada proyek kita dan melakukan penelusuran ke methods dan properties. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan pencarian file dan melakukan preview pada objek-objek dan item-item eksternal.

8. ‘SQL Server Object Explorer’ NEW
Pada Visual Studio 2012 ini, Microsoft mencoba meningkatkan integrasi antara SQL Server dengan ‘SQL Server Object Explorer’ yang baru, yang lebih seperti SQL Server Management Studio pada Server Explorer yang lama. Pada ‘SQL Server Object Explorer’ yang baru ini, ditunjukkan *** jenis data kolom serta primarydan foreign keys.

0 comments:

Post a Comment